1

Solok, 16 Februari 2024 | Bertempat di Ruang Sidang I, Aparatur Pengadilan Negeri Solok (PN Solok) mendengarkan ceramah agama yang disampaikan oleh Ustad Syafrinur S.Pd. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka persiapan untuk menyambut Bulan Ramadhan.

2

2 1

Bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Solok pada hari Selasa (23/1/2024) Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional, dan Staf Pengadilan Negeri Solok mengikuti Sosialisasi PERMA 7, 8, dan 9 Tahun 2016 dan Maklumat Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 01/Maklumat/KMA/IX/2017 secara virtual yang diadakan oleh Pengadilan Tinggi Padang. Selain itu pada kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIB ini juga dilakukan sosialisasi:

  1. Surat Edaran Ketua Pengadilan Tinggi Padang Nomor 1 Tahun 2024 tentang Surat Kuasa;
  2. Surat Edaran Ketua Pengadilan Tinggi Padang Nomor 2 Tahun 2024 tentang Upaya Hukum Banding;
  3. Surat Edaran Ketua Pengadilan Tinggi Padang Nomor 3 Tahun 2024 tentang Permohonan Perpanjangan Penahanan;
  4. Perubahan Pola Pikir dan Pembentukan Budaya Kerja;
  5. Pedoman Pengaduan Masyarakat (Whistleblowing System).

2 2

1

Bertempat di The Axana Hotel pada hari Kamis (21/12/2023) dilaksanakan Sidang Luar Biasa Pengambilan Sumpah Jabatan, Pelantikan, dan Serah Terima Jabatan Ketua Pengadilan Negeri Solok (PN Solok) dari Bapak Raden Danang Noor Kusumo, S.H. kepada Bapak Radius Chandra, S.H., M.H. sebagai Ketua PN Solok yang baru. Sidang ini dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Padang (PT Padang) Bapak Dr. Ridwan Ramli, S.H., M.H. berdasarkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1796/DJU/SK.KP4.1.3/XI/2023 Tanggal 6 Desember 2023 Tentang Promosi dan Mutasi Ketua, Wakil Ketua dan Hakim Pengadilan Negeri di Lingkungan Peradilan Umum. Pada siang itu, Bapak Danang secara simbolis menyerahkan palu jabatan kepada Bapak Radius sebagai tanda penyerahan jabatan Ketua PN Solok. Sebelum menjabat sebagai Ketua PN Solok, Bapak Radius adalah Wakil Ketua Pengadilan Negeri Tanjung Koto Baru.

Dalam sidang luar biasa ini juga dilakukan pengambilan sumpah, pelantikan, dan serah terima jabatan Ketua Pengadilan Negeri Bukittinggi, Ketua Pengadilan Negeri Sawahlunto, Ketua Pengadilan Negeri Batusangkar, Ketua Pengadilan Negeri Painan, Ketua Pengadilan Negeri Padang Panjang, Ketua Pengadilan Negeri Lubuk  Basung, dan Ketua Pengadilan Negeri Pulau Punjung.

2

3

4

1

Pengadilan Negeri Solok meraih posisi Juara Umum atas prestasi di beberapa kategori pada Penilaian Kinerja Pengadilan Negeri Se-Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Padang Tahun 2023. Ketua Pengadilan Tinggi Padang menyerahkan Piala Bergilir Pengadilan Negeri Dengan Kinerja Terbaik Se-Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Padang kepada Ketua Pengadilan Negeri Solok di Ruang Sidang Pengadilan Tinggi Padang pada hari Senin (8/1/2024). Prestasi ini merupakan yang kedua kali diraih oleh Pengadilan Negeri Solok, sebelumnya untuk penilaian kinerja tahun 2022 juga meraih posisi juara umum. Adapun penghargaan yang diperoleh ialah:

  1. Peringkat I SIPP Kategori Kelas II Terbaik Tahun 2023;
  2. Terbaik I Kategori Jumlah Rasio Penanganan Perkara Terbaik (96,98%);
  3. Terbaik II Kategori Realisasi Anggaran Terbaik DIPA 01 Tahun 2023 (Realisasi>98%);
  4. Terbaik III Kategori Realisasi Anggaran Terbaik DIPA 03 Tahun 2023 (Realisasi>98%);
  5. Terbaik I Kategori Website Dan Media Sosial Terbaik 2023.

Terima kasih atas kepercayaan dan anugerah yang diberikan Pengadilan Tinggi Padang kepada Pengadilan Negeri Solok semoga Pengadilan Negeri Solok semakin maju dan jaya sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pencari keadilan sebagai bentuk Perwujudan Badan Peradilan Indonesia Yang Agung sesuai dengan Visi Mahkamah Agung Republik Indonesia.

1

Pengadilan Negeri Solok menyambut kedatangan Pengadilan Tinggi Padang untuk melakukan Pengawasan dan Pendampingan Zona Integritas (ZI) & Akreditasi Penjamin Mutu (APM) yang dilakukan selama 2 (dua) hari pada tanggal 16 s.d. 17 Oktober 2023.

Kegiatan diawali pada hari Senin tanggal 16 Oktober 2023 dengan Opening Meeting Asessment, Serveillance Akreditasi Penjamin Mutu, dan Penilaian Reformasi Birokrasi serta Pembangunan ZI menuju WBK/WBBM, bertempat di Ruang Sidang Utama yang diikuti oleh Tim Pengawas Daerah dari Pengadilan Tinggi Padang dan Seluruh Aparatur Pengadilan Negeri Solok. Adapun Tim Pengadilan Tinggi Padang yang melakukan Pembinaan dan Pengawasan yaitu:

 No. Tim Pengawas Jabatan
1.  Inrawaldi, S.H., M.H.  Hakim Tinggi/Ketua Tim/Assesor ZI
2.  Rita Elsy, S.H., M.H.  Hakim Tinggi/Pengawas Bagian Kepaniteraan dan Kesekretariatan
3.  Rina Pertiwi, S.H., M.H.  Panitera/Sekretaris I Tim Pengawasan Bidang Kepaniteraan
4.  Ayu Davmayanti, S.H.  Kasubbag. Kepegawaian dan TI/Sekretaris II Tim Pengawasan Bidang Kesekretariatan
5.  Mayank Ganda Sari, S.H.  Analis Perkara Peradilan/IT
5.  Arief Adrian, S.H., M.H.  PPNPN/Sopir

 

3

4

5

6

7

Ekspos hasil pengawasan oleh Ketua Tim Pengawasan dilakukan keesokan harinya pada Closing Meeting, Selasa 17 Oktober 2023. Dilanjutkan pembinaan oleh Hakim Tinggi PT Padang Bapak Inrawaldi, S.H., M.H. dan Ibu Rita Elsy, S.H., M.H.

8

9

10